Haizum

Your 1:1 Traffic Exchange

Haizum

Senin, 05 Juli 2010

Lagi2...Planet & Matahari Baru Misterius muncul di sekitar Bima Sakti

Para astronom kaget ketika mereka menemukan sebuah Galaksi aneh yang muncul di sekitaran Bima sakti. Adalah sebuah Planet sekaligus Mataharinya yang berada sangat jauh, dimana planet ini diperkirakan berukuran 8 kali lebih besar dari planet Jupiter, sedangkan planet ini mengelilingi (orbit) matahari itu dengan jarak ke matahari planet itu adalah 300 kali lebih jauh daripada jarak planet kita ke Matahari.
Penelitian ini terkuak dalam Astrologycal Journal, yang dipimpin oleh  David Leniere dari Departemen Fisika Universitas Montreal beserta  para ilmuwan di Pusat Penelitian Astrofisika, Quebec.
Misteri apakah planet dan mataharinya ini berjalan bersamaan atau tidak, masih menggelayuti pikiran para ilmuwan. Sementara itu, hasil temuan terkini dengan teleskop Gemini baru menyimpulkan bahwa struktur planet misterius yang memiliki matahari yang lain (bukan matahari kita) ini terdiri dari uap air, karbonmonoksida dan molekul hidrogen bertebaran di permukaan atmosfer planet ini.
Diktakan oleh David bahwa temuan ini membuka sebuah penelitian paling baru tentang planet dan matahari lain selain matahari di galaksi Bima Sakti. Uniknya planet ini dan matahari ini membentuk semacam sistem tata surya secara sendiri. Dan dia yakin bahwa planet itu bergerak bersamaan dan bukan secara kebetulan.
Berkat temuan ini, para ilmuwan mendapat penghargaan 2009 NSERC John C. Polanyi Award sebagai temuan yang pertama kali dalam sejarah astrofisika tentang planet dan mataharinya itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar